3 Plugin Untuk Edit Code Di WordPress

Dewasa ini wordpress merupakan salah satu cms terbaik yang paling banyak digunakan oleh para penggiat website maupun perusahaan perusahaan besar.. jadi banyak sekali baik kita sendiri maupun klien kita mungkin perlu edit code plugin ataupun theme namun kita hanya memiliki akses wp-admin saja.. Tanpa adanya akses pada ftp / cpanel ini kadang membuat kita sulit untuk mengedit wordpress kita.. berikut adalah 3 plugin yang biasanya kami gunakan untuk edit code di wordpress:

  1. Wpide
    Walaupun usia updatenya sudah 4 tahun (saat artikel ini ditulis ulang) dan cukup berbahaya digunakan.. plugin ini masih menjadi plugin favorit saya.. dengan catatan saat selesai menggunakan sebaiknya anda segera deactive plugin ini karena mungkin terdapat celah security yang cukup berbahaya jika kita membiarkan plugin ini tetap dipasang di website kitafitur dari wpide ini sendiri cukup keren, yaitu mulai dari:

    1. edit file
    2. delete file
    3. rename file
    4. create file
    5. upload file
    6. create folder
    7. edit folder
    8. delete folder

    dan fitur paling keren adalah popup saat php code kita ada salah coding. jadi kita ga bisa save file phpnya.. jadi sangat aman untuk edit function.php, plugin ini merupakan senjata pamungkas untuk membuat files pada child theme kita..

     

  2.  Aceide
    Merupakan anak dari wpide, pada saat anda mencari plugin wpide di wordpress  plugin repository, akan dimunculkan aceide jg. dengan fitur yang mirip dengan wpide namun usia updatenya 11 bulan lalu (pada saat artikel ini ditulis ulang)fitur yang dimiliki oleh aceide ini sama persis dengan wpide, kemungkinan besar aceide ini adalah versi baru dari developer lain yang ingin melanjutkan update pada wpide dan bisa kita lihat bahwa plugin ini sangatlah mirip dengan screenshoot dari wpide, saya tidak perlu untuk list fitur lagi karena fiturnya sama dengan wpide, namun saat saya mencoba menggunakan aceide ini, terkadang saya mendapatkan sebuah bug yaitu file coding saya di php kadang lenyap alias jadi blank. Hal ini tentu sangat berbahaya.. jadi sebaiknya anda sebelum edit menggunakan aceide ini selalu mencoba untuk backup file terlebih dahulu.

 

  1. HTML Editor Syntax Highlighter
    Ini merupakan editor yang lumayan canggih dengan update yang berkala dan cukup konsisten, plugin ini memberikan fitur warna syntax pada default wordpress editor.sayangnya plugin ini tidak memiliki fitur untuk membuat folder ataupun file.. namun anda bisa menggunakan trick membuat file dari php yaitu menggunakan touch. yang anda letakan pada file function.php atau file apapun yang diesekusi oleh wordpress:

    <? touch( get_stylesheet_directory() . ‘/nama-file.php’ );?>

    Sekian review singkat saya.. artikel ini merupakan versi terbaru yang diupdate pada tanggal 11 Juni 2019, jika ada masukan untuk artikel ini mohon untuk komentar di form bawah ya.. thanks

Posted in

Leave a Comment





Copyright 2013-2019. All rights reserved. Obengweb.com